Skip to main content

Resolusi Oprah

Orang biasa, membuat resolusi tahun baru untuk dirinya sendiri. Tapi orang luar biasa, seperti Oprah Winfrey, membuat resolusi tahun baru untuk rame-rame.

Tadinya, saya mau menjalankan resolusi ini sendiri saja tapi karena saya juga ingin jadi orang luar biasa, maka saya share di blog ini :-)





1. Ubah Pola Pikir Kita

Buat definisi baru tentang diri kita, dengan jujur. Orang seperti apakah kita sekarang dan kita ingin menjadi orang seperti apa.

Lalu tulis tiga hal yang akan kita lakukan di tahun baru ini untuk mewujudkan diri kita yang kita ingin itu. Dan letakkan tulisan tersebut di tempat-tempat yang akan mudah kita lihat.

Misalnya, kalau ingin hidup lebih sehat dengan rajin olahraga, tempel tulisan “OLAHRAGA TIAP HARI” di pintu kulkas. Atau kalau ingin lebih sering silaturrahmi ke keluarga, tempel tulisannya di meja kerja. Atau kalau ingin lebih sering menulis, jadikan tulisan tersebut background desktop kita dsb.

2. Pilih Apa yang Benar-Benar Kita Butuhkan

Perhatikanlah makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan. Mereka hidup hanya berdasarkan apa yang mereka butuhkan (tidak berdasarkan apa yang mereka inginkan –karena rakus). Bahkan hewan seperti serigala, harimau dan beruang hanya membunuh di saat lapar. Kalau sudah kenyang, mereka akan berhenti makan, dan menyisakannya untuk hewan lain seperti burung pemakan bangkai.

Nah, menjelang tahun baru ini, pilah pilihlah lagi barang-barang mana yang kita butuhkan atau sebenarnya tidak kita butuhkan. Misalnya ternyata kita cuma butuh lima pasang sepatu untuk hidup. Maka, yang 15 pasang lainnya bolehlah disumbangkan ke orang-orang lain yang lebih membutuhkan.

3. Lepaskan Penyakit Hati

Kalau kita masih punya kejengkelan terpendam dengan seorang ibu-ibu tetangga yang suka ngomong ceplas-ceplos menyinggung perasaan, atau mungkin dendam dan sakit hati kepada teman dekat atau saudara yang mengkhianati kita, maka hari ini, lepaskanlah. Di tahun baru nanti, kita tidak akan membebani diri kita dengan energi-energi negatif semacam itu.

Mungkin kita tidak tahu bagaimana caranya supaya bisa memaafkan orang-orang tersebut dan melupakan perbuatannya, tapi setidaknya niatkanlah untuk berusaha melakukan itu mulai hari ini.

4. Membuat Perubahan dari Hal Kecil

Mungkin kita ingin membuat perubahan. Membuat dunia lebih baik. Tapi rasanya tak mungkin kalau kita sendirian, tak tahu caranya, dan tak ada waktu pula. Jadi kapan-kapan sajalah.

Tapi seperti kata sejarahwan Howard Zinn, perubahan terwujud dari jutaan tindakan kecil, maka kita pun, sendirian, bisa membuat perubahan!

Kita bisa menyenangkan satu hari dari hidup orang lain, yang otomatis akan membuat kita sendiri bisa lebih senang. Contoh yang diberikan Oprah misalnya, beli beberapa eksemplar surat kabar dan bagikan kepada orang-orang yang duduk dekat kita di halte bus, beli segelas kopi ekstra untuk kita berikan kepada polisi yang jaga di jalan raya, letakkan pot bunga cantik tanpa nama di meja kerja salah satu rekan, atau buat surat kecil kejutan di box makan siang anak kita.

~ ~ o 0 o ~ ~

Itulah tadi terjemahan bebas dari saya untuk ide-ide resolusi tahun baru dari Oprah, yang saya pikir cukup efektif untuk menyambut tahun baru dengan diri kita yang baru.

Dan yang terpenting adalah, setelah kita mencoba melakukannya, berbagilah di internet, di blog ini, atau di blog kamu, atau di situs pertemanan yang kamu ikuti, tentang apa-apa yang sudah kamu lakukan, supaya mempengaruhi orang-orang lain untuk melakukan hal serupa. Dengan demikian, mudah-mudahan dunia kita sedikit demi sedikit, menjadi lebih baik.

Selamat Tahun Baru 2012 semuanya....!! ^_^

Oprah: I Am Assignment

Pic from here

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Shalat di Pura Langgar

Mengenal Pura Langgar yang Bisa Dijadikan Tempat Salat (1) Berawal dari Mimpi Diperintah Buat Pelinggih Berbentuk Langgar lintangbuanatours.com oleh Sentot Prayogi, Radar Bali , 25 Juli 2012 Banyak kawasan objek pariwisata yang merupakan hasil akulturasi Hindu dengan agama lain. Termasuk akulturasi Hindu-Islam. Tapi Pura Langgar di Desa Bunutin bisa jadi satu-satunya bentuk akulturasi Hindu-Islam yang hingga kini masih menyatu. Yakni pemanfaatan pura yang tak hanya untuk upacara keagamaan umat Hindu, tapi juga bisa digunakan sebagai tempat shalat.

Indonesia Butuh Strong Leadership

Oleh: Ch Robin Simanullang Wartawan Tokoh Indonesia Sepuluh tahun reformasi telah membuahkan berbagai perubahan menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Terutama perubahan di bidang politik (demokrasi dan kebebasan berpendapat) telah mencapai hasil terbaik dibanding bidang lain. Tapi masih belum berhasil di bidang ekonomi (menyejahterakan rakyat). Faktor pemimpin yang kurang kuat tampaknya justru memperlambat pencapaian hasil menyejahterakan rakyat tersebut. Dari pengalaman 10 tahun reformasi itu, agar refor- masi, demokrasi, penegakan hukum dan keamanan bermuara (menjadi solusi) pada kesejahteraan rakyat, Indonesia sangat butuh pemimpin yang kuat ( strong leadership ).

Perpustakaan Betawi di Jazzy Friday

Jum’at kemarin, di saat orang Amerika rame-rame merayakan Independence Day mereka, di Jakarta sini saya merasa --meminjam istilah Letto--, teraniaya sunyi. Namun tentunya anak gelandangan seperti saya tidak begitu sulit menemukan tempat berlabuh kalau sedang kesepian, khususnya di hari Jum’at. Pilihannya perpustakaan, atau pasar festival. Atau keduanya.